billfath.ac.id
  • 03 Feb 2020 18:35

HARI LAUT NASIONAL (15 Januari 2020)

Hari Laut Nasional atau lebih tepatnya Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari ditujukan untuk memperingati semangat para pahlawan yang gugur di pertempuran Laut Aru. Sejarah mencatat, pertempuran Laut Aru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962. 

Peringatan Hari  Laut atau Hari Dharma Samudera ini pada hakikatnya merupakan salah satu media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai perjuangan yang harus dilestarikan. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HIMADIKA) H2O Billfath juga melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai upaya menumbuhkan semangat Nasionalisme dalam menegakkan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang telah dilakukan oleh HIMADIKA H2O Billfath adalah membersihkan sampah yang ada di pantai dan tepi laut di wilayah Pantai Lorena, Kec. Paciran, Kab. Lamongan. Tujuan kegiatan ini adalah membangkitkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di sekitar Pantai Lorena, sehingga tidak ada lagi sampah yang dibuang dan menumpuk di pantai.

 

Hari Gizi Nasional (25 Januari 2020)

Tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Pertama kali diperingati pada sekitar pertengahan tahun 1960 oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang diketuai oleh Prof. Poerwo Soedarmo yang disebut sebagai Bapak Gizi Indonesia. Makna dari peringatan Hari Gizi Nasional yang dilakukan setiap tahun adalah untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan kita sebagai manusia.

Pentingnya Gizi bahkan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 36 pasal 141 dan 142 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Berisi mengenai upaya untuk melakukan perbaikan atau peningkatan mutu gizi perseorangan dan masyarakat pada seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai dengan lanjut usia. Dengan mengacu pada sejarah dan perundang-undangan tersebut, maka Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HIMADIKA) H2O Billfath juga melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai wujud kepedualiannya kepada kesehatan masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang telah dilakukan oleh HIMADIKA H2O Billfath adalah dengan membagikan makanan sehat kepada masyarakat yang ada di sekitar Pantai Kemantren, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

 

Kedua kegiatan di atas telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Februari 2020. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat pada Galeri (Foto). Semoga HIMADIKA H2O Billfath senantiasa aktif dalam melakasankan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai salah satu wujud pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.