billfath.ac.id
  • 05 Agu 2019 08:00

Bismillahirrahmanirrahim, puji syukur kami haturkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat, taufik, hidayah, dan inayah-Nya kami dapat menyusun proposal Kompetisi Kimia Tingkat SMA/MA/Sederajat wilayah Kabupaten Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang notabennya merupakan wadah untuk mengembangkan kepribadian, skill, dan bersikap serta bertindak tentunya tidak  hanya menghasilkan lulusan saja, melainkan dapat melatih anak-anak bangsa mengembangkan potensinya. Dalam memberikan gambaran umum tentang dunia pendidikan agar memiliki keterampilan yang sesuai dengan disiplin ilmu, mereka perlu menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan pekerjaan yang nantinya akan di hadapi setelah lulus. Dengan demikian, diharapkan dapat terjalin hubungan antara pihak lembaga pendidikan tinggi dengan pihak sekolah.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dampak dari globalisasi yang telah menuntut manusia untuk terus meningkatkan kompetensi yang ada pada diri masing–masing. Di era reformasi, sangat dibutuhkan orang–orang yang memliliki kepribadian yang kuat, cerdas, profesional, dan disiplin dalam melakukan berbagai tindakan, serta memiliki jiwa saing yang tangguh dalam mengelola dan mengembangkan diri dalam menciptakan produk baru yang cerdas dan inovatif, sehingga pada akhirnya hanya daya manusia berkualitas yang mampu bertahan dalam kompetisi dunia. Oleh sebab itu, dalam pembangunan pendidikan jangka panjang, kemampuan kompetisi siswa dalam berbagai bidang keilmuan menjadi isu utama.

Himaprodi sebagai salah satu organisasi yang ada di bawah program studi di Universitas, merupakan wadah bagi mahasiswa dalam melatih kemampuan berorganisasi. Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya eksistensi Himaprodi yang senantiasa  memberikan kontribusi nyata dalam rangka peningkatan kemajuan ilmu terutama ilmu Kimia di berbagai bidang. Menindaklanjuti Surat Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekditi No: B/322/B3.3/KM.01.01/2019 tanggal 29 mei 2019 perihal: Larangan Penggunaan Kata Olimpiade, Olympic, Olympian atau sejenisnya dan 5 (lima) ring pada seluruh kegiatan yang dilaksanakan diperguruan tinggi karena hal tersebut merupakan hak milik dari Internasional Olympic Committee (IOC) yang dilindungi oleh hukum. Maka demi menjaga kelangsungan eksistensinya, Himaprodi Kimia H2O akan menyelenggaran Kompetisi Kimia. Kegiatan ini akan menjadi acara Himaprodi Kimia H2O pada tahun ini dan berikutnya.

Kompetisi Kimia tingkat SMA/MA/Sederajat wilayah Kabupaten Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban ini mengangkat tema “Menuju Prestasi Intelektual dan Berfikir Ilmiah Kimia” yang mana hal ini sesuai dengan salah satu tujuan Negara Indonesia, yaitu untuk  mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, diharapkan kemampuan akademik dan wawasan siswa akan meningkat, serta dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap ilmu kimia. Dengan pengalaman kompetisi ini diharapkan siswa dapat mengambil manfaat dan memahami arti penting keahlian atau keprofesionalan dalam bidangnya. Selain itu, menjadi nilai tambah untuk berkompetisi dibidangnya. Meskipun kegiatan ini hanya bersifat orientasi dari pengenalan ilmu Kimia, namun memberikan motivasi dan pengalaman yang baru, yang nantinya dapat dijadikan sebagai bekal di masa depan.

 

*) Untuk informasi selengkapnya, bisa mendownload PETUNJUK PELAKSANAAN KOMPETISI KIMIA 2019 dan FORMULIR PENDAFTARAN melalui link di bawah.