billfath.ac.id
  • 02 Mei 2019 00:25

Keluarga besar Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Billfath dan HIMADIKA H2O mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Mei 2019. Sebagai salah satu program studi yang memiliki visi dan misi untuk menghasilkan calon tenaga pendidik, Program Studi Pendidikan Kimia Billfath berkewajiban untuk menanamkan kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik yang baik dan berkualitas.

Seorang pendidik yang baik dan berkualitas, wajib memiliki 4 (empat) kompetensi dasar meliputi kempetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Terkait dengan kompetensi kepribadian, seorang pendidik harus memiliki kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantab, stabil, dewasa dan berwibawa, guru menjadi teladan bagi peserta didik, memiliki jiwa Pancasila, berkepribadian yang jujur, mandiri, dan berakhlak mulia (keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini sejalan dengan semboyan Ki Hajar Dewantara yaitu

"Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani"

Artinya:

Di depan, seorang pendidik harus mampu memberikan suri tauladan/contoh yang baik untuk semua orang yang ada di sekitarnya.

Di tengah-tengah, seorang pendidik harus mampu membangkitkan kemauan, niat, dan semangat para peserta didiknya.

Di belakang, seorang pendidik harus mampu memberikan suatu dorongan moral dan semangat kepada peserta didiknya.

Semoga dengan diperingatinya Hari Pendidikan Nasional dapat membangkitkan semangat kita sebagai seorang pendidik/calon pendidik untuk tetap mengembangkan kompetensi diri demi kemajuan pendidikan Indonesia. Selamat Hari Pendidikan Nasional, Indonesia selalu berjaya.