billfath.ac.id
  • 22 Mar 2019 15:00

Hari Ini tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Hari Air Sedunia atau World Water Day adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih. Selain itu, Hari Air Sedunia atau World Water Day diperingati sebagai usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Ide peringatan Hari Air Sedunia atau World Water Day secara resmi diumumkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada 22 Desember 1992 di kota Rio de Janeiro, Brasil. PBB bersama anggotanya termasuk negara Indonesia memutuskan Hari Air Sedunia atau World Water Day jatuh pada 22 Maret dan mulai diperingati sejak tahun 1993.

Hari Air Sedunia atau World Water Day mengambil tema Water for All, Leaving No One Behind (Air Untuk Semua Tidak, Meninggalkan Satupun Di Belakang). dilansir dari kaltim.tribunnews.com, ini bertujuan untuk mengangkat kelompok terpinggirkan seperti perempuan, anak-anak, pengungsi, masyarakat adat, orang cacat, masyarakat negara miskin dan konflik, dan banyak lainya. Mereka sering menghadapi diskriminasi ketika mereka mencoba mengakses dan mengelola air bersih yang mereka butuhkan. Jadi tema tersebut untuk mengatasi krisis air dengan membahas alasan mengapa begitu banyak orang yang tertinggal.

Tahun ini, Program Studi Pendidikan KImia Universitas BIllfath Lamongan lewat Organisasi Kemahasiswaan HIMADIKA H2O ikut memperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah krisis air bersih utamnaya di Indonesia. Faktanya di Indonesia masih banyak daerah yang masih kekurangan air bersih, sebut saja di daerah NTT disana masih banyak masyarakat yang harus menempuh perjalanan berkilo-kilo hanya untuk mendapatkan air bersih, selain itu karena ketimpangan ekonomi yang terjadi di Indonesia banyak masyarakat ekonomi kelas menengah kebawah yang masih kekuarangan air bersih sebagai akibat dari mahalnya harga air bersih. Oleh sebab itu, HIMADIKA H2O mendukung dan mendorong pemerintah agar dapat segera menyelesaikan masalah krisis air yang dialami beberapa daerah tersebut.

Akhir kata, kami HIMADIKA H2O mengajak semua lapisan masyarakat untuk menghargai air karena tanpa kita sadari masih banyak orang kekurangan air bersih. jadi sudah seharusnya kita yang lebih beruntung karena dapat mendapatkan air dengan mudah untuk dapat menggunakan air bersih dengan sebijak mungkin.